Komitmen Organisasi (OC)


Komitmen Organisasi (Organization Commitment) adalah kemampuan dan kemauan untuk menyelaraskan perilaku pribadi dengan kebutuhan, prioritas dan sasaran organisasi. Ini mencakup cara-cara mengembangkan tujuan atau memenuhi kebutuhan organisasi. Intinya adalah mendahulukan misi organisasi dari kepentingan pribadi.
Indikator Perilaku:
1.      Mengabaikan norma-norma organisasi
Mengabaikan atau memberontak terhadap norma-norma organisasi.
2.      Tidak tampak atau hanya menunjukkan usaha yang minimal
Memberikan usaha yang minimal agar cocok di organisasi atau agar tetap memiliki pekerjaan tersebut.
3.      Melakukan upaya penyesuaian
ü      Melakukan upaya agar cocok di organisasi dan melakukan apa yang diharapkan
ü      Menghormati norma organisasi, menuruti peraturan dan ketentuan yang berlaku.
4.      Meneladani kesetiaan
Ø      Membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan mereka.
Ø      Menghormati dan menerima hal yang dianggap penting oleh atasan.
Ø      Bangga menjadi bagian dari organisasi.
Ø      Peduli tentang citra organisasi.
5.      Mendukung organisasi secara aktif
Ø      Bertindak untuk mendukung misi dan tujuan organisasi.
Ø      Membuat pilihan dan prioritas untuk memenuhi kebutuhan/misi organisasi dan menyesuaikan diri dengan misi organisasi.
6.      Melakukan pengorbanan pribadi
Ø      Menempatkan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri.
Ø      Melakukan pengorbanan dalam hal pilihan pribadi misalnya identitas profesional, urusan keluarga.
Mendukung keputusan yang menguntungkan organisasi meskipun keputusan